Senin, 07 Oktober 2013

Resume TDA Part 5


PROSES DOCUMENTATION


Ø  The Business Case
Kenapa sebuah perusahaan harus membuat buku untuk user?
1.      Buku itu harus membantu user bagaimana menggunakan software.
2.      Meminimalisasi biaya maintenance.
3.      Berisi/memuat tentang nama perusahaan dan penulis
4.      Dapat mengangkat nama perusahaan tersebut.

Ø  Writing User Documentation
1.      Harus tau, dokumentasi itu butuh apa saja. (id penulis, id user).
2.      Harus Tau benar subjeknya seperti apa, dan harus paham dengan apa yang dituliskan.

Ø  Audience Analysis (Siapa Orangnya?)
Siapa yang membaca/siapa yang akan menggunakan buku itu dan tugas apa yang harus dikerjakan?
Contoh :
1.      Data Entry Clerk (Jenis Buku Introduction)
2.      System Administrator (Jenis Buku Reference)
3.      Service Desk Operator (Jenis Buku Reference dan Functional)
Kenapa kita harus mengetahui pekerjaan user terlebih dahulu?                              
1.      Kita dapat menetapkan dokumentasi bagi mereka dan benar-benar dpat dipakai
2.      Tugasnya apa saja, itu juga harus diketahui. Contoh : System Administrator

Ø  Task Analysis (Tugas)
1.      Sekumpulan operasi untuk mencapai suatu tujuan
2.      Prosedur
3.      Untuk melihat apakah prosedur itu sesuai dengan orangnya :
-          Wawancara, Observasi
-          Mendapatkan informasi langsung dari orang yang membuat
-          Mencocokkan tugasnya dan yang dipraktekkan
4.      Tuliskan prosedurnya untuk tiap-tiap orang (jangan prosesnya).

Ø  Determing the optimum length of the books
Berapa banyak halaman yang harus ada
1.      Perhatikan banyak halaman yang akan dituliskan
2.      Orang akan malas mencari-cari yang dia inginkan
3.      Orang ingin langsung  dapat menemukan  jawaban yang dicari

Ø  Looking at the system (lihat sistemnya)
1.      Pahami betul alur kerja sistem
2.      Pembagian dari sistem tuliskan dengan lengkap (reference)

Ø  Starting the investigation (menulis buku untuk siapa?)
1.      Investigasi mulai dari awal kerja sistem sampai akhir
2.      Kesulitan dan kemudahan sistem
3.      Sebisa mungkin dilihat dari sisi pengguna bukan dari pembuat sistem.

Ø  Judul dan Tipe Buku
1.      Judul buku dengan jelas menyebutkan apa isi dari buku tersebut
2.      Pastikan semua kebutuhan dari user tertulis dalam buku tersebut.

Ø  Avoiding the Pittalls (Jangan membuat orang menjadi bingung dengan judul)
1.      Jangan membuat pembaca menjadi tambah bingung saat membaca dokumentasi
2.      Penggunaan kata-kata yang bias dipahami oleh orang awam, jangan sampai hanya penulis sendiri yang paham.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More